Saturday, October 29, 2016

Hal-hal Yang Menjadi Idaman Para Pelajar

Ilustration by palguno.wordpress.com
Setelah pada kesempatan sebelumnya kita telah membahas Hal-hal Yang Dianggap "Horor" Oleh Sebagian Pelajar, maka kali ini kita akan membahas Hal-hal Yang Menjadi Idaman Para Pelajar. Tak bisa dipungkiri bahwa pelajar juga mempunyai sesuatu yang menjadi idaman. Idaman di sini berarti sesuatu yang di inginkan oleh pelajar.

Penasaran apa saja ? Berikut ulasannya.

 

1.  Libur


Saya rasa hampir semua pelajar menginginkan hal ini. Bisa di anggap mustahil ada pelajar yang tidak ingin libur. Libur merupakan hal yang paling di idamkan seorang pelajar. Bukan tanpa alasan, sebab terkadang seorang pelajar juga melalui masa-masa jenuh dalam belajar di sekolah dan akhirnya begitu menantikan momen libur.

Padahal kita ketahui bahwa setiap pekannya memang ada satu hari yang menjadi hak para pelajar untuk rehat sejenak dari kesibukan belajar di sekolah. Namun, ada saja yang tidak merasa puas akan hal itu dan akhirnya lebih menantikan waktu lain yang lebih panjang untuk libur.

Hal ini tidak aneh dan dirasa normal sebab seorang pelajar pun terkadang mengalami yang namanya capek, jenuh bahkan bosan dalam menjalani kegiatan di sekolah. Akan tetapi perlu diingat juga bahwa kita sebagai seorang pelajar harus berusaha keras untuk menghindari hal itu.

Bagaimana caranya ? Niat dan ikhlas adalah kuncinya. Teguhkan niat sebelum menjalani aktivitas di sekolah dan jalaninya dengan hati ikhlas. Renungkan kenapa kita bersekolah ? Untuk apa kita bersekolah ? Apa yang akan terjadi jika kita tidak menuntut ilmu di sekolah ? Secara berangsur-angsur akan tumbuh kesungguhan dan keikhlasan dalam diri kita dan secara berangsur-angsur pula kita bisa menghilangkan rasa capek, bosan dan jenuh itu.

 

2.  Guru Tidak Mengajar/ Mata Pelajaran Kosong


Hal lain yang menjadi idaman seorang pelajar adalah guru tidak mengajar/ mata pelajaran kosong. Apalagi kalau guru yang dimaksud adalah guru yang terkenal galak atau biasa disebut guru killer. Umumnya pelajar berharap agar guru tersebut tidak masuk dan mengajar di sekolah.

Alasan lain yang melatar belakangi pelajar mengharapkan hal itu adalah karena mereka belum mengerjakan tugas yang ditugaskan guru kepada mereka. Mereka beranggapan bahwa ketika guru tidak datang ke kelas untuk mengajar makan otomatis tugas tersebut pun tidak diperiksa.

Namun, perlu diketahui juga bahwa ketika guru tidak datang untuk mengajar sebenarnya kita mengalami kerugian. Kita telah melewatkan materi pelajaran yang sangat berharga meskipun itu hanya satu kalimat. Oleh karena itu, sebaiknya kita sebagai seorang pelajar tidak mengharapkan hal itu.

 

3.  Dibubarkan


Dibubarkan dalam hal ini berarti kegiatan sekolah dihentikan bukan pada waktunya atau tidak sesuai dengan jadwal yang ada karena disebabkan oleh hal-hal yang sudah ataupun tidak direncanakan. Umumnya kebijakan ini diputuskan dengan latar belakang agar menciptakan kondisi yang kondusif di sekolah. Sebab, biasanya keputusan ini dibuat disebabkan adanya acara penting yang diselenggarakan di sekolah, seperti rapat.

Hal ini pun menjadi idaman para pelajar. Hal ini bisa kita ketahui ketika suatu masa di sekolah kita mengambil keputusan ini karena sesuatu hal. Setelah mendengar keputusan dari pihak sekolah terkait keputusan ini, umumnya para pelajar merasa senang. Hal ini bisa dilihat ketika mereka berlari ke dalam kelas dan mengambil tas mereka. Disitu terlihat mimik mereka yang merasa bahagia seolah-olah mendapatkan harta karun.

Namun, hal ini juga sesungguhnya merupakan suatu kerugian untuk kita sebagai seorang pelajar. Mengapa ? Karena kita kehilangan waktu meski hanya sedetik untuk meraih ilmu yang merupakan permata untuk masa depan kita. Jadi lebih baik kita jangan mengharapkan hal ini terjadi.

Itulah beberapa hal yang menjadi idaman bagi sebagian pelajar. Hal ini memang tidak bisa kita sanggah karena pada kenyataannya memang kita temui. Selain itu, hal ini juga dirasa wajar karena memang pelajar pun memiliki masa dimana mereka capek, bosan dan jenuh terhadap aktivitas sehari-harinya. Jangankan seorang pelajar, semua orang pun dirasa pernah mengalami hal ini.

Namun yang harus ditekankan disini bahwa kita juga sebisa mungkin harus terus berusaha untuk menghilangkan itu semua. Sebab, meski sedetik kita meninggalkan waktu untuk menuntut ilmu, maka pada hakikatnya kita telah kehilangan waktu yang sangat berharga untuk meraih pelita di masa depan.

Semoga bermanfaat. Terima kasih. Sampai jumpa..









10 comments:

  1. Kaya saya dlu.. pas kosong ke warung nongkrong. aduh ampun.. skrg dah jd gru ngrasain geremnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagai perwakilan dari para pelajar, mohon maaf kepada para guru jika kami sering nakal. Hehehe :v

      Delete
  2. idaman saya waktu pelajar kalau ada acara acara gan , seru aja haha

    ReplyDelete
  3. kalo ane libur yang ane tunggu-tunggu hehe

    ReplyDelete
  4. Bener bgt tuh ane jg seneng bgt klo terjadi 3 peristiwa itu :3

    ReplyDelete