Friday, November 4, 2016

4 Nasehat Untuk Blogger Pelajar

Blog, hampir semua orang sudah mengenal yang namanya blog. Blog merupakan sebuah fasilitas menulis melalui internet. Menulis yang bukan sekedar menulis, sebab menjadi seorang blogger (sebutan untuk individu yang memiliki dan mengurus blog) kita bisa mendapatkan banyak manfaat dari ngeblog. Selain bisa mengisi waktu luang, kita juga bisa mendapatkan penghasilan dari blog jika kita mampu merawat blog kita dengan baik.

Baca juga : Manfaat Ngeblog Bagi Pelajar

Dengan mengetahui beragam manfaat dengan menjadi seorang blogger, lantas membuat banyak orang berbondong-bondong membuat blog dan bermimpi untuk menjadi blogger sukses. Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya blog baru yang muncul hampir setiap hari.


Keinginan banyak orang untuk memiliki blog dan menjadi blogger sukses ternyata juga mewabah sampai ke kalangan pelajar. Banyak pelajar yang juga berkeinginan untuk menjadi blogger sukses. Umumnya diantara mereka terdorong untuk menjadi blog karena pengaruh dari artikel di internet yang menceritakan kesuksesan seorang blogger sehingga mereka seakan terinspirasi untuk menjadi seorang blogger. Selain itu, ada juga yang berkeinginan menjadi seorang blogger karena ajakan dari teman atau orang terdekatnya,

Sebenarnya sah-sah saja seorang pelajar menjadi seorang blogger karena saya sendiri juga masih seorang pelajar. Namun, akan jadi menjadi masalah jika pelajar tersebut tidak memiliki kemampuan untuk mengatur dan memposisikan dirinya sebagai seorang blogger di samping sebagai seorang pelajar.

Berikut ini merupakan 4 Nasehat Untuk Blogger Pelajar.


1.  Belajar Harus Lebih Diutamakan

Yang harus diingat oleh seorang pelajar yang menjadi blogger adalah bahwa bagaimana pun belajar harus lebih diutamakan. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa menjadi seorang blogger kita mempunyai tanggung jawab untuk memelihara blog kita agar tetap menarik banyak pengunjung.  Namun, bukan berarti kita melupakan kewajiban utama kita sebagai seorang pelajar.

Memang hal ini terasa sulit, namun kita harus pintar-pintar mengendalikan diri kita agar kita bisa belajar dengan maksimal meski kita juga mempunyai kewajiban untuk merawat blog yang kita kelola. Jika kita mampu mengontrol diri kita dengan baik maka kita akan bisa menjalankan keduanya dengan maksimal.

2.  Harus Pandai Dalam Mengatur Waktu

Sebagai seorang pelajar yang sekaligus menjadi seorang blogger memang kit dituntut untuk mengatur waktu dengan baik agar kita bisa menjalankan kewajiban kita sebagai seorang pelajar dengan maksimal meski kita juga memiliki peran sebagai seorang pelajar.

Disinilah kita bisa lihat bahwa manajemen waktu memiliki peran yang sangat penting. Kita harus pandai dalam mengatur waktu, kapan saatnya kita untuk melakukan kegiatan blogging dan kapan kita harus belajar. Jika kita mampu untuk mengatur waktu dengan baik maka peluang kita untuk menjadi blogger sukses di samping menjadi seorang pelajar akan menjadi besar.

3.  Blogging Lebih Baik Daripada Bermain

Blogging dirasa lebih baik daripada bermain agi seorag blogger pelajar. Oleh karena itu, kita harus bisa memanfaatkan waktu bermain kita menjadi waktu untuk blogging. Blogging juga tidak kalah seru dari bermain, apalagi kita menjalaninya dengan santai, enjoy dan jangan sampai terbebani.

Namun mesti ditekankan juga bahwa meski kita memiliki tanggung jawab untuk merawat blog kita, bukan berarti kita tidak boleh bermain. Kita juga punya hak untuk bermain, namun jika kita seorang blogger maka lebih baik kita mengisi waktu luang kita untuk aktivitas blogging.

4.  Waktu Libur Itu Sangat Berharga

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya bahwa waktu sangat berharga. Kita harus bisa memanfaatkan aktu dengan sebaik-baiknya, terutama waktu libur. Sebagai seorang blogger pelajar kita mesti memanfaatkan waktu libur dengan baik. Memang sulit, namun sebisa mungkin kita harus bisa melakukannya jika kita ingin blog yang kita kelola lebih produktiv.

Namun, kita juga tetap dianjurkan untuk sesekali bermain dengan teman sebaya kita. Selain untuk menyegarkan pikiran, dengan bermain kita sebagai seorang blogger bisa menemukan ide untuk menulis artikel. Dengan begitu kita bisa mendapatkan dua manfaat dari satu aktivitas.

Itulah tadi beberapa nasehat untuk blogger yang masih pelajar. Tetap semangat untuk menjadi blogger tanpa harus melupakan keajiban utama kita sebagai seorang pelajar.

Semoga bisa bermanfaat untuk kalian. Terima kasih. Sekian.


22 comments:

  1. Blongging sangat positif bagi pelajar...

    ReplyDelete
  2. Betul sekali,
    blogging akan sangat bermanfaat untuk pelajar, terutama jika pelajar yang menjadi blogger tersebut bisa menggunakannya dengan bijak.

    ReplyDelete
  3. Bener nuh gan harus bisa mengatur waktu antara belajar, urusan real world, blogging dan promosi. hehe

    ReplyDelete
  4. Makasih nasehatnya, saya juga masih pelajar.

    ReplyDelete
  5. bener tuh, belajar itu lebih penting, sipp

    ReplyDelete
  6. Terimakasih bang sangat bermanfaat :D

    ReplyDelete
  7. wahh bagus banget :D tambah semangat nge-blog nih LD

    ReplyDelete
  8. Siap boss..... apalagi udah hampir uas kayak sekarang.....

    ReplyDelete
  9. bener banget tuh nomer 2 :D kl gabisa ngatur waktu, bisa-bisa semua pr dikesampingkan buat ngeblog :D

    ReplyDelete
  10. Bener... Kita juga mempunyai kepentingan yang banyak, kita harus bisa membagi waktu

    ReplyDelete
  11. Kebetulan saya juga masih duduk di kls 11 slta gan.. Mantap..

    ReplyDelete
  12. Mestinya blogging masuk kurikulum di sekolah, ya =)

    ReplyDelete
  13. Boleh juga, mungkin nanti disaat menteri pendidikannya seorang blogger :v

    ReplyDelete