Thursday, September 15, 2016

Dampak Negatif Aktivitas Pacaran Bagi Pelajar


Pacaran, saya rasa semua orang pernah mendengar istilah ini. Namun sebenarnya, sampai sekarang belum diketahui definisi yang pasti dari istilah pacaran. Tetapi, banyak orang yang mendefinisikan pacaran sebagai aktivitas percintaan sebelum dilangsungkannya pernikahan.

Banyak orang yang menganggap bahwa pacaran adalah aktivitas yang wajar dan seakan sudah dijadikan sebagai suatu kebiasaan, terutama di zaman modern seperti sekarang ini. Namun nyatanya, aktivitas pacaran sangat berdampak buruk dalam setiap sisi kehidupan manusia.

Dalam pandangan agama islam, pacaran sangat erat sekali kaitannya dengan perzinaan. Dan perzinaan adalah sesuatu yang sangat dilarang dalam islam. Otomatis, pacaran pun menjadi suatu kebiasaan yang buruk yang sangat dilarang. Dan yang memprihatinkan adalah bahwa istilah pacaran pun sudah tidak asing lagi kalangan pelajar. Ini menjadi sesuatu yang buruk, sebab pacaran juga dapat berdampak negatif bagi kalangan pelajar.

Dan pada kesempatan ini, saya akan menjelaskan tentang Dampak Negatif Aktivitas Pacaran Bagi Pelajar. Berikut uraiannya :

 

1.  Mengganggu Konsentrasi Belajar


Ada yang bilang kalau pacaran itu dapat menambah semangat belajar. Ternyata pendapat itu keliru, sebab nyatanya pacaran itu hanya akan mengganggu konsentrasi belajar saja. Artinya, ketika kamu sedang belajar, yang akan muncul dipikiran kamu hanyalah kekasih kamu saja dan fokus kamu pun akan terbagi.

Kalau pun memang kamu semangat belajar karena kekasih, terus apa artinya orang tuamu yang membiayai sekolahmu ? Sedangkan kekasihmu, apa yang telah dia lakukan untuk menunjang pendidikanmu ? Tidak ada !

Oleh karena itu, belajarlah untuk lebih menghargai orang tuamu yang telah melakukan segalanya demi pendidikanmu. Dan jangan sampai pengorbanan-nya terlupakan hanya karena aktivitas yang berdosa itu.

 

2.  Semangat Belajar Akan Berkurang


Ini yang ditakutkan, ketika konsentrasi belajar terganggu maka yang akan terjadi selanjutnya adalah berkurangnya semangat belajar. Sebab, ketika seorang pelajar melakukan aktivitas haram tersebut, otomatis yang lebih dia pentingkan adalah kekasihnya. Dia akan lebih semangat untuk melakukan apa saja demi kekasihnya. Sehingga dia lupa kalau rasa semangatnya itu sebenarnya harus lebih diutamakan dalam dunia pendidikan-nya sendiri.

 

3.  Menurunkan Prestasi Belajar


Ketika konsentrasi belajar terganggu dan proses pembelajaran pun terganggu, otomatis ketika pulang dari sekolah tidak ada materi yang tertangkap otak. Jika ini terjadi secara terus-menerus, maka akan berdampak pada menurunnya prestasi belajar. Untuk menghindari ini, hal yang harus pertama kali kita lakukan adalah memulihkan konsentrasi kita. Dan untuk memulihkan konsentrasi kita adalah dengan berhenti untuk melakukan aktivitas haram tersebut.

Dari uraian di atas terlihat jelas bawa aktivitas pacaran itu dapat berdampak negatif bagi kalangan pelajar. Meski sebetulnya aktivitas tersebut juga dilarang bukan hanya bagi pelajar, tapi juga semua orang. Apapun alasan yang kamu punya untuk membenarkan aktivitas itu, sungguh tetap saja pacaran itu aktivitas yang negatif dan dilarang. Sebab, dalam pandangan islam pacaran merupakan jalan menuju zina, yang merupakan salah satu dosa besar.

Oleh karena itu, kita sebagai remaja khususnya pelajar lebih baik kita lebih mengutamakan orang tua dan masa depan kita sendiri. Karena aktivitas pacaran hanya akan membuang waktu remaja kita dengan sia-sia.

Itulah tadi uraian tentang Dampak Negatif Aktivitas Pacaran Bagi Pelajar. Apapun alasan yang membuatmu untuk menjalin asmara ketika masih menjadi pelajar, percayalah bahwa itu hanya akan membuat waktu, tenaga serta pikiran yang sudah digunakan terbuang dan hanya akan menjadi 'sampah'.

Semoga bermanfaat. Terima kasih. Sampai jumpa.



2 comments:

  1. Sudah saya balas di post anda. Karena anda menyertakan link aktif, saya harap anda juga bersedia jika saya menyimpan link aktif pada komentar di blog anda.
    Admin NRUtama

    ReplyDelete