Wednesday, December 21, 2016

4 Hal Yang Mesti Dilakukan Dalam Menyikapi Sebuah Kegagalan

Kita sebagai manusia biasa , khususnya yang memiliki sebuah keinginan atau harapan tentu kita dituntut untuk tidak pernah lelah dalam memperjuangkan hal itu dengan usaha dan juga do'a. Akan tetapi perlu diketahui bahwa tidak semua hal yang kita lakukan untuk memperjuangkan keinginan itu akan membuahkan hasil. Terkadang memang sekeras apapun kita berusaha, jika Tuhan tidak menghendakinya maka hal yang kita harapkan itu tidak akan kita dapatkan. Namun kita juga harus yakin bahwa Tuhan mempunyai alasan dan tujuan yang baik mengapa dia tidak memberikan apa yang kita dambakan.
Setiap manusia pasti pernah mengalami hal seperti diatas, dalam artian sebuah kegagalan. Namun tidak semua manusia mampu untuk menyikapi kegagalan tersebut dengan hal yang baik. Banyak yang  hanya menyesalinya tanpa ada usaha untuk bangun dan memperjuangkannya kembali. Dan tidak sedikit pula yang mengambil hal positif dari kegagalan yang dia alami dan mencoba lagi untuk membangun harapan dan mewujudkannya.

Setiap manusia berbeda-beda dalam menyikapi sebuah kegagalan. Timbul tanda tanya, sebenarnya hal apa yang mesti kita lakukan dalam menyikapi sebuah kegagalan? Dan berikut merupakan 4 Hal Yang Mesti Dilakukan Dalam Menyikapi Sebuah Kegagalan.

1.  Menerimanya Dengan Lapang Dada 


Hal pertama dan utama yang mesti dilakukan oleh kita yang mengalami sebuah kegagalan adalah menerimanya dengan lapang dada atau ikhlas. Inilah yang menjadi pondasi dan langkah awal dari segala hal yang akan kita lakukan nanti setelah mengalami sebuah kegagalan. Apapun yang akan kita lakukan nanti setelah kita memang mengalami sebuah kegagalan maka kita sendiri harus bisa menerima dengan lapang dada atas kegagalan yang kita alami tersebut.


Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa tidak semua orang bisa mudah dalam menerima kegagalan yang dia alami. Sebab tak jarang kita menemui seseorang yang berdiam diri menyesali kegagalannya tanpa ada keinginan untuk mencoba lagi. Inilah yang bisa dibilang suatu masalah tersendiri yang sebisa mungkin harus kita hindari.

Jangan pernah berlarut-larut dalam pusaran penyesalan akan suatu kegagalan. Bukan hanya akan menyia-nyiakan waktu kita yang amat sangat berharga, tapi juga akan membuat kita seakan menjadi patung hidup yang tak punya arah dan tujuan. Percayalah bahwa suatu kegagalan adalah sebuah fase dimana kita akan menjadi seseorang yang berhasil.

2.  Mencari Tahu Apa Yang Menjadi Penyebab Dari Kegagalan Tersebut

 

Segala sesuatu yang terjadi pada diri kita pasti ada penyebabya, termasuk sebuah kegagalan. Inilah yang harus kita cari tahu. Untuk apa?

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap permasalahan pasti ada hikmahnya. Dan langkah pertama yang harus kita lakukan agar bisa mendapat hikmah dari permasalahan kita tersebut, termasuk kegagalan adalah dengan mencari terlebih dahulu penyebabnya. Dengan kita mengetahui apa penyebabnya, maka kita akan bisa lebih mudah untuk memperbaiki dan mengubahnya agar menjadi lebih baik lagi nantinya.

Memang benar bahwa dari setiap permasalahan pasti ada hikmahnya. Namun, hikmah itu tidak akan pernah kita dapatkan jika kita sendiri tidak mencari tahu apa penyebab atau faktor yang mengakibatkan permasalahan atau kegagalan tersebut terjadi. Oleh karena itu, jangan berharap akan mendapatkan hikmah dari permasalahan atau kegagalan yang kita alami jika kita sendiri tidak mengetahui apa penyebab atau faktor pendorongnya.

3.  Setelah Mengetahui Penyebabnya, Analisa Apa Yang Harus Diperbaiki 

 

Setelah kita mencari dan mengetahui apa yang menjadi penyebab kita mengalami kegagalan, maka yang selanjutnya yang harus kita lakukan adalah menganalisa atau mencari tahu apa yang harus diperbaiki. Karena perlu diketahui juga bahwa apapun yang kita dapatkan merupakan cerminan dari usaha yang kita lakukan.

Dengan demikian, ketika kita mengalami sebuah kegagalan maka bukan tidak mungkin itu merupakan cerminan dari usaha yang sudah kita lakukan, dalam artian mungkin kita melakukan sebuah kesalahan, kelalaian atau mungkin bisa juga keceroban. Oleh karena itu, ada baiknya kita mengevaluasi diri kita sendiri dan jika seandainya kita memiliki sebuah kesalahan, maka ada baiknya juga kita mencari cara agar kesalahan itu bisa diperbaiki lagi.

 4.  Lakukan Apa Yang Memang Sudah Seharusnya Dilakukan

Yang terakhir dan yang menjadi puncaknya adalah action. Lagi-lagi sebuah tindakan menjadi sangat berarti. Sehebat apapun keinginan kita dan sehebat apapun rencana yang sudah kita susun, semua itu tidak akan ada artinya tanpa sebuah tindakan. Tindakan yang dimaksudkan disini adalah melakukan hal yang sekiranya bisa memperbaiki kesalahan yang sebelumnya sudah kita cari dan analisa.

Setelah mencari apa penyebabnya dan menganalisa apa yang mesti dilakukan, maka yang menjadi puncaknya adalah melakukan apa yang memang bisa memperbaiki apa yang menjadi penyebab dari kegagalan yang kita alami. Jangan pernah ragu, tunjukkan bahwa kita masih memiliki keinginan untuk menjadi lebih baik.

Itulah 4 Hal Yang Mesti Dilakukan Dalam Menyikapi Sebuah Kegagalan. Untuk yang pernah atau mungkin sedang mengalami yang namanya kegagalan, jangan pernah berlarut-larut dalam menyesali sebuah kegagalan. Dengan kita hanya bisa menyesalinya, maka justru akan membuat diri kita terbelenggu dalam sebuah keterpurukan dan jusru akan membuat kita tertinggal satu langkah dengan mereka yang mampu bangkit dan menyikapi sebuah kegagalan dengan pola pikir yang positif.

Kegagalan merupakan makanan sehari-hari orang yang hebat. Bukan orang hebat namanya jika kita tidak mampu bangkit dari kegagalan. Sebab, kegagalan merupakan hal yang mesti dilewati jika kita ingin menjadi orang yang hebat. Kegagalan memang sebuah keberhasilan yang tertunda, namun yang harus diingat adalah keberhasilan sejati adalah ketika kita mampu menyikapi sebuah kegagalan dengan hal yang baik.

Semoga bermanfaat. Terima kasih. Sampai jumpa.

5 comments:

  1. Kalo ane sih langsung bangkit gan,, biar pantang menyerah pasti akan berhasil juga

    ReplyDelete
  2. Berjuang lagi, bangkit lagi, semangat lagi

    ReplyDelete
  3. Betul banget mas, bahkan orang yang sukses dan mereka punya nama gara-gara mereka terbiasa mendapatkan kegagalan. Bahkan ketika kegagalan sering menemui harusnya kita senang berarti kesuksesan kita itu akan lebih bertahan lama.

    Makasih mas ulasannya sangat keren.

    ReplyDelete