Monday, April 10, 2017

3 Alasan Mengapa Bisnis Online Layak Dijalankan Para Pelajar

Ilustrasi

Saat ini bisnis online memang bukanlah sesuatu yang asing lagi untuk dibicarakan. Bukan tanpa alasan, bisnis di ranah online memang memiliki potensi yang cukup menjanjikan di tengah persaingan bisnis di dunia nyata. Hal ini tidak terlepas dari terus meningkatnya masyarakat digital. Peningkatan pengguna internet dari waktu ke waktu  seakan membuka gerbang bagi siapa saja untuk mencari uang.

Berbicara mengenai bisnis online memang tidak akan ada habisnya. Dunia digital yang begitu kompleks membuat potensi untuk berbisnis pun semakin kompleks. Di luar sana, ada banyak bertebaran artikel atau buku yang secara khusus membahas kiat-kiat sukses berbisnis online. Selain itu, ada banyak pula para pakar dari bisnis online itu sendiri yang seakan tak kenal lelah memberikan ilmunya kepada mereka yang tertarik berbisnis online.

Memang begitu banyak yang tertarik untuk terjun dan bersaing dalam berbisnis online. Selain memang karena memiliki potensi yang besar, ternyata bisnis online juga memiliki kemudahan dan kelebihan dibanding bisnis di dunia nyata. Kemudahan dan kelebihan itulah yang membuat bisnis online seakan menjadi primadona banyak orang, muda ataupun tua, pria maupun wanita, tak terkecuali para pelajar.

Berbeda dengan bisnis biasa di dunia nyata yang seakan masih menjadi hal yang tabu bagi kalangan pelajar, ternyata bisnis online dirasa sangat layak dijalankan para pelajar karena alasan-alasan tertentu. Dan berikut ini merupakan 3 Alasan Mengapa Bisnis Online Layak Dijalankan Para Pelajar.

1.  Hemat Modal

Ilustrasi

Modal memang seakan masih menjadi penghalang bagi siapa saja untuk berbisnis, apalagi berbisnis di dunia nyata. Akan tetapi, tidak dengan bisnis online. Dari apa yang terlihat sampai saat ini, untuk menjalankan bisnis online ternyata membutuhkan modal yang jauh lebih sedikit dibanding bisnis di dunia nyata. Dan karena itu pula, bisnis online memang dirasa layak dijalankan para pelajar yang notabenenya belum memiliki penghasilan.

Untuk menjalankan bisnis online, yang paling utama kalian butuhkan tentunya adalah device atau alat yang akan digunakan untuk mengakses internet dan yang paling utama tentunya adalah koneksi internet. Saya rasa untuk memenuhi keduanya bukanlah hal yang sulit bagi pelajar saat ini. Bisa dilihat bahwa pelajar di era sekarang sudah tidak asing lagi dengan internet. Sebagian besar dari mereka memang masih menggunakan internet untuk bermain game online mengakses situs media sosial dan lain sebagainya.

Saat ini, para pelajar lebih sering menggunakan uang jajannya untuk membeli kuota internet daripada membeli sesuatu untuk mengisi perutnya. Jika dilihat dari realita yang ada, memang masih banyak pelajar yang belum menyadari bahwa ada hal lain yang jauh lebih menguntungkan yang bisa kita dapat melalui internet. Dengan apa ? Ya tentunya dengan berbisnis online.

2. Tak Terikat Ruang dan Waktu

 
Ilustrasi

Hal lain yang membuat bisnis online dirasa layak dan cocok dijalankan oleh para pelajar adalah karena penggunaan waktu dan tempat yang fleksibel. Berbeda dengan bisnis di dunia nyata yang seolah-olah terikat dengan satu tempat dan satu waktu, bisnis online bisa dijalankan bahkan di malam hari dan di kamar tidur. Ini sangat pas bagi pelajar yang memang memiliki rutinitas dan kewajiban yang tidak bisa ditinggalkan.

Meski demikian, manajemen waktu menjadi hal sangat krusial. Sekalipun penggunaan waktu dan tempa yang fleksibel, dalam menjalankan bisnis online kita tetap membutuhkan pengaturan yang baik. Mengapa ? Tentu agar aktivitas mencari uang yang kita jalankan tidak sampai mengganggu aktivitas mencari ilmu yang tentu kita perlukan.

3.  Kamulah Yang Menjadi Bos Bagi Kamu Sendiri

 
Ilustrasi

Dalam menjalankan bisnis online. segala aktivitas yang kamu jalankan adalah dari, oleh dan untuk kamu sendiri. Apapun yang kamu capai dalam berbisnis online, entah baik atau buruk, semua itu adalah konsekuensi yang sejatinya diakibatkan dan akan dirasakan oleh kamu sendiri. Kamu tidak terikat oleh atasan, maupun mengikat orang lain yang menjadi bawahan kamu. Dan lagi-lagi inilah yang membuat bisnis online sangat layak dijalankan para pelajar.

Sebagai pelajar yang memang pada hakikatnya belum diproyeksikan untuk bekerja, menjalani bisnis online yang begitu bebas tidak akan menjadikannya beban bagi kamu. Dengan begini. fokus belajar kamu tidak akan terganggu. Mengapa ? Kamu tidak akan merasa stres karena dipecat atasan. ditinggalkan bawahan, bangkrut dan lain sebagainya. Dengan seperti ini pula kamu akan jauh lebih enjoy dalam menjalankan bisnis online dan secara tidak langsung apa yang kamu lakukan ini adalah sebagai hobi.

Itulah tadi 3 Alasan Mengapa Bisnis Online Layak Dijalankan Para Pelajar. Meskipun memang tidak salahnya sebagai pelajar kita menjalankan aktivitas berbisnis, entah bisnis online atau bahkan berbisnis di dunia nyata, kita harus tetap mengetahui batasan yang kita miliki. Karena, kita harus tetap memperhatikan pendidikan kita. Ingat bahwa ilmu yang kita dapatkan di bangku sekolah bisa saja kita terapkan pada bisnis yang kita jalani. Intinya, buatlah ilmu dan bisnis yang kita jalani berjalan beriringan.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.

14 comments:

  1. wah berarti saya jadi bos untuk diri saya sendiri :D

    ReplyDelete
  2. Wah, keren gan artikelnya. Thanks for sharing gan :D

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Makasih ya, jangan lupa kunjungi dan baca artikel lainnya di blog ini.

      Delete
  4. memang bisnis online menjadi tujuan saya sbg blogger, tp sampai sekarang belum punya ide mau bisnis apa ....., makasih motivasinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk ide bisnis online buat blogger banyak kok. Iya, sama-sama.

      Delete
  5. jd bos sendiri tanpa tekanan orang lain, mantab

    ReplyDelete
  6. Bisnis online memang banyak, banyaaakkk sekali. Kalau di online yang penting unik, itu sih. Gak di online juga kayaknya, di kehidupan nyata kita harus menjadi sesuatu yang beda.

    ReplyDelete