Sunday, September 18, 2016

Tips Agar Terhindar dari Bahaya Narkoba

Narkoba merupakan zat adiktif yang apabila digunakan secara terus-menerus akan menimbulkan kecanduan. Narkoba dari dahulu narkoba sangat terkenal dengan keganasan-nya yang bisa merusak kesehatan maupun mental pemakainya. Indonesia dan beberapa negara di dunia pun sudah menyatakan perang terhadap narkoba. Hukuman bagi pengedar, pemakai dan yang terkait dengan narkoba pun sangat berat, yakni dengan hukuman maksimal adalah hukuman mati.

Bukan tanpa alasan sebab selain bisa merusak kesehatan, narkoba juga bisa merusak mental, pola pikir dan tingkah laku pemakainya. Dan yang lebih mengkhawatirkan adalah bahwa sekarang narkoba sudah merambah ke kalangan remaja atau pelajar. Bagaimana nasib bangsa ini di masa depan jika generasi penerus-nya meracuni dirinya sendiri dengan narkoba ? Oleh karena itu, berbagai elemen baik keluarga, kepolisian dan pemerintah harus bisa saling bersinergi untuk memberantas narkoba, khususnya di kalangan remaja/pelajar.

Kita pun sebagai remaja/pelajar harus ikut berpartisipasi dalam memberantas narkoba. Minimal kita sendiri tidak memakai narkoba dan berusaha untuk selalu menghindari-nya. Dan sekarang saya akan memberikan Tips Agar Terhindar dari Bahaya Narkoba. Berikut uraiannya :

1.  Kuatkan Iman dan Keyakinan

 Tonggak utama kehidupan adalah agama. Berusahalah untuk tetap di jalan kebenaran. Yakinkanlah bahwa narkoba itu berbahaya, bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga orang lain. Kuatkan keyakinan itu agar kita selalu terhindar dari bahaya narkoba. Ajak juga orang-orang di sekitar kalian untuk ikut juga menghindari bahaya narkoba. Jalan utamanya adalah iman dan keyakinan dalam diri kita.

2.  Dekat dengan Keluarga 

Keluarga merupakan benteng pertama dalam hidup kita sebelum menjalani hidup yang penuh dinamika ini. Peran keluarga sangat penting sebagai pembentuk karakter. Jika kita ingin terhindar dari bahaya narkoba salah satu caranya adalah dengan selalu dekat dengan keluarga.
Keluarga bisa melindungi kita dari hal-hal negatif dari narkoba. Keluarga bisa membimbing kita untuk terus melangkah dalam jalan yang lurus. Maka dari itu, kita harus senantiasa mencintai keluarga, sebab keluarga sangatlah berharga bagi kita.

3.  Takut akan Hukum

Jika kita ingin terhindar dari narkoba maka kita harus bisa sadar dan takut akan hukum yang ada. Segala sesuatu itu tergantung pada diri kita sendiri. Yang menentukan nasib kita adalah diri kita sendiri. Taatilah hukum dan norma yang ada. Jika kita sudah mempunyai kesadaran itu, maka kita pun akan takut untuk melanggar-nya.
Seperti yang kita ketahui bahwa hukum maksimal yang diberikan kepada pelaku kejahatan narkoba adalah hukuman mati. Kita harus bisa menanamkan rasa takut akan hal itu. Semakin besar rasa takut yang kita rasakan, maka semakin kecil pula untuk kita mendekati yang namanya narkoba.

4.  Mencari Teman Pergaulan yang Baik

Yang tidak kalah penting adalah kita harus bisa mencari teman pergaulan yang baik. Sebab, narkoba itu biasanya beredar mulai dari orang-orang terdekat, termasuk teman kita sendiri. Oleh karena itu, pandai-pandai lah mencari teman se-pergaulan. Namun bukan berarti ketika kalian memilih teman dengan menggunakan prinsip berburuk sangka terhadap teman. Memilih disini berarti bahwa kita harus menghindari pergaulan bebas yang sangat berdampak negatif bagi seorang remaja khususnya pelajar.

Itulah tadi Tips Agar Terhindar dari Bahaya Narkoba dan saya harap kita semua bisa terhindar dan menghindari bahaya narkoba. Jangan lupa untuk mampir lagi ke blog saya yang sederhana ini. Semoga artikel tadi bermanfaat dan sampai jumpa !


1 comment: