Saturday, October 22, 2016

Cara Efektif Membagi Waktu Antara Belajar dan Bermain

Ilustration by wwipa3.blogspot.com
Memang tugas utama kita sebagai seorang pelajar adalah belajar. Namun, tentu kita juga mempunyai hak untuk bermain dengan teman sebaya kita. Hal ini memang wajar, namun akan menjadi masalah jika kita tidak mampu untuk membagi waktunya.

Lantas bagaimana Cara Efektif Membagi Waktu Antara Belajar dan Bermain ? Berikut ulasannya.

Yang harus kita perhatikan adalah bahwa bagaimana pun juga kita harus lebih mengutamakan waktu untuk belajar dibanding untuk bermain. Mengapa ? Sebab, belajar merupakan sebuah kewajiban bagi kita sebagai seorang pelajar. Selain itu, belajar juga merupakan jalan untuk menuntut ilmu yang nantinya akan menjadi bekal kita di masa depan.

Sekali lagi, kita harus lebih mengutamakan belajar dibanding bermain. Bagaimana caranya ? Bermain-lah jika sekiranya waktu kita untuk belajar sudah terpenuhi. Sebab, bermain bisa membantu mendinginkan otak kita yang sudah digunakan untuk belajar. Pastikan bahwa kita sudah mengerjakan tugas sebelum kita belajar.

Cara lainnya adalah dengan menyatukan kedua aktivitas itu menjadi satu. Maksudnya adalah kita belajar namun juga sekaligus bermain. Kita kemas kegiatan belajar kita agar terasa menyenangkan, seru dan tidak membosankan. Cara ini terbukti efektif dalam mengasah bakat dan kemampuan kita.

Namun yang perlu diingat bahwa kita itu belajar sambil bermain buka belajar sambil bermain-main dan kita harus bisa membedakan keduanya. Karena belajar sambil bermain itu menggambarkan belajar yang menyenangkan, sedangkan belajar sambil bermain-main menggambarkan kita itu tidak serius. Belajarlah dengan serius agar kita bisa mendapatkan manfaatnya dengan maksimal.

Dari uraian di atas terlihat bahwa kita sebagai seorang pelajar dibenarkan untuk bermain karena kita mempunyai hak untuk itu. Namun dengan catatan kita tidak boleh melupakan kewajiban dan tugas utama kita sebagai seorang pelajar yaitu BELAJAR.

Semoga artikel tadi bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa !


No comments:

Post a Comment