Monday, November 21, 2016

Student True Story : Mengantuk Saat Jam Pelajaran di Kelas

 
Seperti yang telah diuraikan sebelumnya bahwa tugas utama kita sebagai seorang pelajar tentunya adalah belajar. Kapan pun dan dimana pun kita berada, kita harus memiliki waktu yang digunakan untuk belajar. Dan perlu diketahui bahwa belajar bukan hanya sekedar mengisi soal atau membaca buku saja, kita bisa belajar banyak hal dari setiap sisi kehidupan kita.

Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu tempat utama kita untuk belajar adalah di sekolah atau lebih tepatnya adalah di kelas. Hari-hari kita lalui untuk belajar di kelas. Disinilah kita selalu diberi ilmu oleh guru untuk masa depan kita. Banyak hal yang diajarkan oleh guru dan banyak hal pula yang kita rasakan saat kegiatan belajar, tak terkecuali mengantuk saat kegiatan pembelajaran di kelas.

Hal ini biasa  dirasakan oleh sebagian pelajar ketika guru sedang mengajarkan materi pembelajaran. Banyak hal yang menyebabkan hal ini terjadi. Namun hal utama yang menjadi penyebabnya adalah kurang tidur. Dan kurang tidur pun disebabkan oleh hal-hal lain, seperti tidur tengah malam karena mengerjakan tugas atau bahkan karena bermain.


 Baca juga : Student True Story : Mencontek

Salah satu penyebabnya adalah tidur larut malam karena mengerjakan tugas. Satu sisi hal ini menjadi sesuatu yang positif karena artinya pelajar tersebut tidak lupa akan tugas dan tanggung jawabnya. Selain itu, tidak ada standar waktu tertentu untuk belajar. Kita diwajibkan untuk belajar kapan pun. Namun, disisi lain bisa kita lihat bahwa mengapa harus dikerjakan saat malam hari bahkan sampai larut malam ? Kenapa tidak dikerjakan saat siang hari saja ?

Jika menilik pernyataan di atas terlihat bahwa ada sisi negatifnya bahwa pelajar tersebut biasa menunda-nunda pekerjaan dan bisa mengindikasikan bahwa si pelajar tersebut memiliki sifat malas. Sebab, seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa sebetulnya pelajar tersebut mempunyai waktu untuk mengerjakan tugas saat siang hari dan tidak perlu saat larut malam. Hal ini menimbulnya tanda tanya baru, apa yang dilakukan dia saat siang hari ? Bermain kah ? Atau yang lain ?

Baca juga : Student True Story : Ribut di Kelas

Perlu diketahui bahwa malam hari bukanlah waktu yang tepat untuk mengerjakan tugas atau yang berkaitan dengan mengisi soal. Malam hari merupakan kondisi yang tepat untuk memulihkan kondisi pikiran dan psikis setelah menjalani berbagai rutinitas, termasuk sekolah yang merupakan rutinitas utama sebagai seorang pelajar.

Namun, terkadang hal ini biasa digunakan oleh sebagian pelajar untuk beermain bahkan sampai larut malam. Bermain memang tidak dilarang, namun dengan catatan kita telah menyelesaikan terlebih dahulu tugas-tugas yang diberikan guru jika memang ada. Selain itu, jangan sampai kita bermain sampai larut malam. Sebagai seorang pelajar, itu akan mengganggu kondisi fisik maupun psikis kita. Apalagi jika kita bermain sampai larut malam saat keesokan harinya masih terdapat kegiatan di sekolah. Tentu ini bisa mengganggu diri kita sendiri.

 Baca juga : Student True Story : Lelah dan Jenuh Dalam Belajar

Oleh karena itu, sebisa mungkin kita harus mengatur waktu dengan sebaik mungkin. Manfaatkan waktu siang hari dengan sebaik mungkin. Selain itu, usahakan untuk memunumalkan kegiatan saat malam hari, apalagi jika sampai larut malam. Tentu hal ini akan mengurangi porsi tidur kita dan kita akan mengalami yang namanya kurang tidur. Jika kita mengalami hal tersebut, tentu kita akan mengantuk keesokan harinya.

Mengantuk karena kurang tidur adalah sesuatu yang wajar. Namun, akan menjadi tidak wajar adalah ketika ini dialami oleh seorang pelajar yang sedang mengikuti kegiatan belajar di kelas. Tentu fokusnya akan berkurang dan mengganggu konsentrasi dalam belajar. Dan pastinya tidak akan ada ilmu yang masuk karena kita kesulitan untuk berkonsentrasi. Mau seperti itu ? Jika tidak mau maka kita harus bisa me-manage waktu dengan baik, kapan untuk belajar, bermain dan tidur tentunya.

Semoga bermanfaat. Terima kasih. Sampai jumpa.

5 comments:

  1. itu karena gangguan setan gan hehe, kalo saya tergantung siapa yang ngajar, kalo enak pasti gak ngntuk

    ReplyDelete
  2. memang sih sering mengantuk saat pelajaran penyebabnya kebanyakan sih karena pelajaran itu tidak kita sukai

    ReplyDelete
  3. gua banget ini gan wkwk, gara2 sering begadang juga pelajaran yg gua benci

    ReplyDelete
  4. mantap gan, ane juga sring tidur pas ada pelajaran di sekolah

    ReplyDelete