Saturday, June 17, 2017

Pentingnya Belajar Membuat Website Untuk Meningkatkan Eksistensi Situs Website di Era Digital

Jika berbicara mengenai internet, kebanyakan orang memang sering mengaitkannya dengan situs website. Bukan sesuatu yang mengherankan memang, sebab kemunculan situs website menjadi tanda awal penemuan teknologi internet itu sendiri. Meski sebenarnya masih banyak bentuk implementasi lain dari teknologi internet, situs website memang seperti akan selalu memiliki tempat khusus dalam proses perkembangan internet dari waktu ke waktu.

Diawal kemunculannya, sudah mulai tercipta beberapa situs website, baik yang mengatasnamakan kelompok maupun individu. Tercatat bahwa situs milik organisasi riset nuklir eropa, CERN sebagai situs website pertama di dunia. Dan dengan seiring terus berkembang teknologi internet dan juga penggunanya, jumlah situs website sendiri ikut bertambah dengan jumlah yang signifikan dari masa ke masa.

NRUtama, situs website, membuat website gratis

Tak hanya terkait jumlah situs website itu sendiri saja, kita juga bisa melihat bahwa ikut bertambah pula variasi beserta fungsi dari situs website itu sendiri. Saat ini, situs website menjadi sangat variatif, mulai dari untuk situs berita, pemerintahan, pendidikan, hiburan, media sosial bahkan yang berbentuk blog yang dikelola oleh individu.

Meski jumlah situs website yang semakin banyak dan variatif, namun saya melihat bahwa perlahan tapi pasti bahwa eksistensi dari situs website itu sendiri mulai menurun. Entah para pembaca setuju atau tidak, inilah yang saya rasakan. Para pembaca mungkin bertanya-tanya, apa alasan saya membuat pernyataan seperti itu? Atau jika benar, kira-kira apa yang membuat goyahnya eksistensi dari situs website? Saya akan mencoba menyampaikan alasan mengapa eksistensi website terus menurun.

Pertama, saya ingin menyampaikan statistik bahwa saat ini mayoritas seseorang menikmati fasilitas internet menggunakan smartphone mereka. Ini menunjukan bahwa banyak orang yang lebih akrab dengan dengan smartphone dibanding perangkat dekstop. Dan ini merupakan salah satu permulaan mengapa saya berpandangan bahwa eksistensi situs website menurun.

Kita mesti ingat bahwa kemunculan teknologi World Wide Web yang menjadi cikal bakal situs website yang kita jumpai saat ini memang lebih dekat dengan awal perkembangan komputer. Meski pengguna smartphone bisa mengakses situs website dengan lebih mudah, justru disaat kemunculan smartphone ini pula yang menimbulkan kemerosotan eksistensi dari situs website itu sendiri.

Mengapa ?

Pertama, dari segi kompatibilitas. Berdasarkan pengalaman saya, tidak semua website yang ada saat ini mobile friendly. Meski tidak sedikit yang masuk kategori bersahabat dengan perangkat mobile, namun saya merasa bahwa saat itu kita tidak bisa merasakan semua fitur yang ada pada website tersebut.

Sayangnya, kendala ini justru semakin diperparah dengan adanya fakta bahwa justru saat ini pengguna internet lebih banyak menggunakan perangkat mobile-nya.  Padahal, saya rasa kita semua setuju bahwa situs website akan selalu lebih bersahabat dengan perangkat dekstop.

Mungkin kita kerap menemukan situs website yang bukan hanya soal mobile friendly, namun bahkan membangun website khusus untuk perangkat mobile. Akan tetapi, yang disayangkan adalah situs yang demikian masih sedikit. Maka dari itu, bagi yang ingin belajar membuat website, haruslah lebih peka kepada keutuhan visitor website.

Kedua, namun yang paling utama adalah bahwa saat ini penggunaan website mulai  tergerus oleh munculnya berbagai aplikasi, terutama untuk perangkat mobile. Yang saya maksud adalah aplikasi yang dibangun oleh situs website dengan menawarkan kemudahan akses. Kita bisa melihat banyak situs website yang memiliki versi software-nya sendiri, terutama untuk perangkat mobile.

Dari segi kemudahan mungkin memang terpenuhi, akan tetapi dampak buruknya adalah saat ini banyak orang yang sudah tidak terlalu akrab lagi untuk menulis domain website di address bar pada web browser. Inilah yang memicu semakin berkurangnya penikmat situs website.

Meski semakin turunnya eksistensi website, seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa justru statistik mengemukakan bahwa jumlah situs website semakin meningkat. Saya kita peningkatan ini muncul dari situs website yang dikelola individu, yang cenderung mereka tidak terlalu bersahabat dalam pembuatan aplikasi.

Dengan demikan, belajar membuat website merupakan hal yang masih penting, terutama untuk kita yang mengelola sebuah situs website secara pribadi, termasuk blog. Selain itu, meski eksistensi-nya menurun, saya rasa semua orang tidak akan begitu mudahnya melupakan website. Sebab, berbagai informasi justru banyak tersedia di situs website, apalagi yang dikelola secara pribadi.

Selain itu, meski banyak situs website yang memiliki versi aplikasinya, mereka juga tetap mengutamakan peranan dari situs website yang ada. Jadi, tetaplah konsisten untuk belajar membuat website dan berinovasi dengan website tersebut. Karena, saya rasa itu kunci utama agar tetap menjaga eksistensi dari website itu sendiri.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment