Tuesday, October 24, 2017

Inilah Pentingnya Mengikuti Perlombaan atau Kompetisi Bagi Pelajar

kompetisi, pelajar

Pada kesempatan kali ini, saya akan kembali membahas hal mengenai pelajar. Saya tidak akan pernah bosan untuk terus mengulas bahwa kita semua mengetahui tugas utama dari seorang pelajar adalah belajar. Arti atau makna dari 'belajar' itu sendiri begitu luas. Belajar disini tidak hanya berkutat pada pendidikan akademik di kelas, namun juga pendidikan lain, katakanlah non-akademik yang meliputi pendidikan karakter.

Tidak bisa dipungkiri bahwa pendidikan di luar akademik memiliki peranan yang begitu krusial. Oleh karena itu, salah satu hal yang mesti ditekankan adalah tentang pentingnya menyelaraskan pendidikan akademik dan karakter, apalagi jika kita melihat pada keadaan zaman sekarang. Dan hal inilah yang akhir-akhir ini memang mencuat ke permukaan. Sayangnya, kenapa baru sekarang ?

Terlepas dari hal itu, masih berbicara mengenai pendidikan karakter, tentunya ada banyak metode, cara, konsep atau juga teknik yang bisa dilakukan dalam proses pembentukan pendidikan karakter. Saya tidak akan membahas satu per satu, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba fokus pada satu pembahasan. Yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai Pentingnya Mengikuti Perlombaan atau Kompetisi Bagi Pelajar.

Ya, dalam dunia pendidikan, dalam hal ini dunia pelajar, kita akan kerap menemukan adanya berbagai kompetisi atau perlombaan yang diselenggarakan berbagai pihak yang tentu pesertanya adalah para pelajar. Berbagai lomba dalam berbagai bidang bisa kita temukan, dari mulai lomba akademik dan non-akademik, seperti seni dan olahraga. Perlombaan yang diselenggarakan pun dari berbagai jenjang dan tingkatan, seperti antar SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi bahkan pelajar antar negara. Dari mulai tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, Negara bahkan Dunia.

Sebagai seorang pelajar, rasanya tentu akan sangat membanggakan jika bisa berpartisipasi bahkan menjuarai perlombaan tersebut. Dan itu yang saya alami sendiri. Puji syukur, dari mulai SD sampai SMA sekarang, saya berkesempatan mengikuti berbagai perlombaan antar pelajar. Mekipun, saya lebih sering tidak mendapatkan juara. Tapi tidak masalah, yang ingin saya bagikan adalah mengenai apa sih pentingnya mengikuti berbagai kompetisi atau perlombaan bagi pelajar ?

Pertama, saya akan menegaskan pentingnya memiliki pengalaman. Apapun hasilnya, bahkan kalah sekalipun, satu hal yang pasti kita dapatkan adalah pengalaman. Jika kita memiliki pengalaman mengikuti perlombaan, kemudian kalah, setidaknya saya sudah mendapatkan pelajaran tentang bagaimana agar tidak kalah di kesempatan yang lain. Jika saya menang, saya akan mendapatkan pelajaran tentang bagaimana mempertahankan kemenangan.

Itulah pentingnya pengalaman.

Apapun hasilnya, kamu akan tetap mendapatkan pelajarannya. Tak hanya mendapatkan pelajaran tentang merubah keadaan, tapi juga menerima keadaan. Kamu tak hanya akan belajar mengenai cara menerima kekalahan, tapi kemenangan sekalipun. Tak hanya itu, kamu juga akan mengerti tentang arti kerja keras dan disiplin dalam berlatih. Kemudian, kamu juga bisa belajar tentang sportifitas dan jiwa ksatria. Itulah manfaat umum yang sangat berguna bagi kita sebagai pelajar.

Tidak sampai disitu sebetulnya, ada juga manfaat khusus yang bisa kita dapatkan sesuai dengan lomba yang kita ikuti. Misalnya kita mengikuti lomba debat. Pada saat lomba kita kalah dari pesaing dari sekolah lain. Dari situ, sebetulnya kita bisa mengambil pelajaran yang berharga tentang bagaimana berdebat yang baik, yang layak untuk mendapatkan juara.

Disinilah pentingnya mengikuti perlombaan atau kompetisi bagi seorang pelajar.

Mengikuti lomba atau kompetisi sebenarnya tidak perlu dalam ruang lingkup yang luas yang pertisius, perlombaan antar kelas atau bahkan antar teman di kelas pun memiliki manfaat dan terdapat pembelajaran di dalamnya. Sebetulnya, semua tergantung dari diri kita sendiri, adakah niat dan kemauan untuk ikut berpartisipasi ? Bisakah kita menyerap pembelajaran dari setiap kompetisi atau perlombaan yang kita ikuti ? Jawabannya ada pada diri kita masing-masing.

Yang jelas, ada pembelajaran yang bisa kita ambil ketika berpartisipasi dalam suatu kompetisi atau perlombaan. Maka dari itu, jangan takut dan ragu untuk mengikuti perlombaan. Apapun nanti hasilnya, itu tidak penting. Karena ada manfaat lain yang jauh lebih berharga dibanding MENANG dan KALAH.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment