Saturday, October 21, 2017

Kenapa Saya Ngeblog ?

blog, blogger, blogging, nrutama

Berbicara mengenai awal mula saya membuat blog dan ngeblog memang bisa dibilang tidak begitu menarik. Blog nrutama.blogspot.com dibuat pada bulan September 2016 yang lalu. Akan tetapi blog ini bukanlah blog pertama yang saya buat. Selain itu, jauh sebelumnya pun saya sudah mengenal dunia blogging.

Tanggal dan waktu persis kapan saya mengenai blog saya tidak ingat, namun yang saya ingat adalah saat itu saya mulai mencoba membuat blog dalam platform mobile-blogging MyWapBlog yang saat ini sudah tidak aktif lagi. Dulu, seingat saya, saya membuat blog dalam platform tersebut dengan menggunakan HP murah dengan fitur yang terbatas.

Dengan modal koneksi internet yang terbatas pula, saya mulai membuat blog. Bahkan, saya pun sebenarnya tidak ingat bagaimana saya mengenal dan bertemu dengan situs MyWapBlog. Lagi pula memang, seingat saya, saya belum sempat membuat satu artikel pun. Karena memang saat itu memang hanya sebatas iseng atau coba-coba saja. Karena itu pula, dengan terus berjalannya waktu, saya sempat benar-benar lupa bahwa saya pernah membuat blog di platform itu.

Beberapa waktu kemudian, hasrat untuk memulai blog kembali muncul, kalau tidak salah karena membaca atau mengetahui kisah sukses salah satu blogger. Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu faktor pendorongnya adalah uang. Apalagi pemikiran saat itu adalah tentang begitu mudahnya mendapatkan uang dari blog. Lantas, saya mulai membuat blog menggunakan platform gratisan blogger.com dari Google menggunakan surat elektronik Gmail yang saya punya.

Awalnya saya mendafarkan blog pada platform tersebut dengan nama domain bawaan, nandarestuutama.blogspot.com. Kalau tidak salah, saya sempat membuat beberapa artikel dengan menggunakan domain itu. Namun, karena merasa terlalu panjang dan tidak catchy, saya mengubah nama domainnya menjadi nandarestuu.blogspot.com. Namun, lagi-lagi, sebagai blogger pemula yang bisa dibilang masih bermain-main, timbul lagi rasa penasaran dan keinginan untuk mengganti nama domain blog. Pada akhirnya, saya mengganti nama domain blog tersebut menjadi lebih singkat, nrutama.blogspot.com seperti yang bisa dilihat sekarang ini.

Sejak saat irulah mulai tumbuh rasa serius untuk membuat artikel dan mempublikasikannya di blog ini. Tak hanya masalah berulang kali mengganti nama domain, sebagai blogger pemula saya pun selalu memiliki obsesi  untuk mengganti template berulangkali jika memang menemukan template gratisan baru yang memiliki penampilan yang menarik. Inilah salah satu fase yang sepertinya semua blogger pernah mengalaminya.

Seiring dengan berjalannya waktu, berbagai artikel mulai saya tulis dan publikasikan di blog ini. Mayoritas artikel yang saya buat memang berkenaan dengan isu-isu pendidikan di Indonesia. Meskipun, sesekali saya menulis artikel mengenai isu sosial dan hukum. Sebenarnya, saya akan menulis tentang apapun yang sekiranya terlintas di pikiran saya.

Berbicara mengenai intensitas, tidak bisa dipastikan. Terkadang saya rajin, bahkan dalam satu hari bisa membuat lebih dari 2 artikel, namun terkadang juga dalam satu minggu tidak ada satu pun artikel yang saya tulis. Terkadang memang karena kesibukan lain, apalagi sebagai seorang pelajar. Namun, terkadang juga saat itu saya benar-benar tidak memiliki ide dan kemauan untuk menulis artikel.

Dari awal mula saya membuat blog, saya mengetahui bahwa kegiatan blogging bisa menghasilkan uang. Saya sudah membaca berbagai kisah sukses blogger yang meraih kesuksesan lewat blog. Hal tersebut lah yang merupakan salah satu pemicu semangat saya untuk ngeblog. Saya mulai mempelajari berbagai cara agar bisa menghasilkan uang dari blog. Yang saya ketahui adalah metode paling populer adalah dengan mendaftar sistem periklanan Google AdSense.

Saya tahu bahwa tidak mudah untuk bisa terdaftar dalam Google AdSense. Ini saya alami sendiri, dimana beberapa kali mencoba mendaftar meskipun beberapa kali pula saya ditolak. Pantang menyerang, itu satu-satunya modal yang saya miliki. Saya terus menulis artikel dan mendatangkan pengunjung. Beberapa bulan kemudian, kabar gembira datang. Saya diterima Google AdSense dan mulai memasang artikel, setelah melewati 2 kali masa peninjauan. Hasil yang saya dapatkan memang sangat kecil. Tapi, cukup dengan terdaftar, ada rasa bangga tersendiri.

Selain itu, saya juga sempat beberapa kali mengikuti perlombaan menulis di blog. Meskipun tidak pernah menang sih. Tapi setidaknya, saya punya pengalaman dan sekalian mengisi konten di blog. Motivasi awalnya lagi-lagi karena uang, karena memang hampir semua perlombaan menulis di blog menawarkan hadiah yang tidak sedikit. Akhirnya iseng-iseng berpartisipasi.

Tak hanya Google AdSense, saya pun pernah mendaftar layanan affiliasi. Meskipun hasilnya nol, tidak apa apa, setidaknya rasa penasaran saya sudah terpenuhi. Dari perjalanan itu pula, saya mengambil kesimpulan bahwa tidak mudah untuk mendapatkan uang dari blog. Yang paling penting adalah bagaimana kita bisa fokus dan konsisten membangun blog. Masalah hasil berupa uang atau yang lainnya, anggap saja itu bonus. Ingat, usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil.

Dari berbagai hal yang sudah saya alami, dari yang awalnya saya ngeblog untuk mendapatkan uang. Kini, saya sadar, saya lebih ingin membagikan pengetahuan, inspirasi, kedekatan dengan pembaca. Saya ingin tulisan-tulisan saya dibaca banyak orang dan memberikan dampak yang baik. Dan inilah yang juga saya harapkan, agar kalian yang mungkin tertarik ngeblog, untuk sama-sama memilki motivasi dan dorongan yang sama.


Terima kasih. Semoga bermanfaat.

5 comments:

  1. Keep writing kak Nanda! I think writing is not about getting money, but more than it. We more happy when can sharing, being an inspiration and help anothers people:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, makasih ya! Jangan panggil "Kak". Mash kelas 1 SMA kok. Hehehe.

      Delete
  2. saat saya baca dirimu di menu "tentang", tertulis seperti ini :

    Perkenalkan, nama saya Nanda Restu Utama. Saya seorang pelajar kelahiran 05 September 2017 di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

    wahh umurnya baru 2 bulan ya, hahah, maaf becanda...

    tetap semangat ngeblog, saya rasa untuk seumuran anak SMA, tulisan adik sudah sangat rapi dan enak dibaca. dari bahasanya saja sudah kelihatan berbeda dari blogger abal2 yang banyak diinternet..

    saya senang blog Nanda ini punya niche tentang pendidikan, bukan begitu?

    Oh ya, saya nih, coba artikelnya dibuat rata kiri-kanan, jadi akan terlihat lebih rapi..

    tetap semangat ya, meskipun tujuannya adalah uang, jangan lupa wasiat ini,, "menulislah untuk manusia, bukan untuk google".

    ReplyDelete
    Replies
    1. Upsss, maaf..
      harusnya 2002. hehe
      Bukan ke uang sih,
      awalnya emang
      karna itu, tapi
      jawabannya ada di
      tulisan di atas.
      Pendidikan, cuma
      salah satunya sih.
      karena ini blog
      pribadi, jadi gado2. Mksh masukannya. Makasih juga sdh
      mampir. Hehe.
      Salam kenal Kak!

      Delete
  3. Upsss, maaf.. harusnya 2002. hehe
    Bukan ke uang sih, awalnya emang karna itu, tapi jawabannya ada di tulisan di atas.
    Pendidikan, cuma salah satunya sih. karena ini blog pribadi, jadi gado2. Mksh masukannya. Makasih juga sdh mampir. Hehe.
    SALAM KENAL!

    ReplyDelete