Thursday, November 16, 2017

Saya Malu Jadi Orang Indonesia

Entah apapun perasaan orang-orang di luar sana kepada negara ini. Baik atau buruk.
Entah apapun yang sudah saya lakukan selama in di negara ini.
Entah bagaimanapun saya menjalani hari demi hari di negara ini.

Saya sebenarnya malu jadi orang Indonesia.

Saya sebenarnya malu jadi orang Indonesia yang cuma bisa mengomentari kekurangan negara ini dengan "keras", tapi bahkan untuk upacara bendera pun saya malas.
Saya sebenarnya malu jadi orang Indonesia yang cuma bisanya memaki-maki tim olahraga Indonesia, padahal di saat yang lain saya memuji-muji mereka karena kemenangan yang mereka raih dari usaha yang mereka lakukan.

malu, indonesia, blog, nrutama

Saya sebenarnya malu jadi orang Indonesia yang bisanya terus mengungkit kekurangan pemerintah dan jarang menyadari hal lain yang bermanfaat untuk saya, yang sudah diusahakan pemerintah.
Saya juga sebenarnya malu jadi orang Indonesia yang bisanya selalu diam beribu bahasa dengan apapun yang terjadi di negara ini dan sama sekali tidak memikirkan nasib bangsa ini, apalagi untuk memberikan kontribusi yang lebih untuk negara ini.

Saya benar-benar malu.

Saya sangat malu menjadi orang Indonesia ketika melihat pejabat yang merupakan penggrus negara menjadi orang yang mata duitan, kemudian dengan jabatannya dia mengambil uang rakyat.
Saya sangat malu menjadi orang Indonesia ketika melihat sekelumit rakyat negara ini memiliki prestasi dalam cabang olahraga "lari" dari kejaran aparat hukum.
Saya sangat malu menjadi orang Indonesia ketika melihat satu kelompok penyampai aspirasi melakukan keributan dengan polisi.
Saya sangat malu menjadi orang Indonesia ketika melihat generasi mudanya bercumbu mesra dengan narkoba, minuman keras dan wanita yang tak semestinya.

Sebagai pelajar.

Saya malu menjadi pelajar Indonesia yang ke sekolah hanya untuk mencari nilai yang besar.
Saya malu menjadi pelajar Indonesia yang bahkan melakukan hal-hal yang dilarang untuk mendapatkan nilai besar.
Saya malu jadi pelajar Indonesia yang sombong hanya karena mendapatkan nilai yang besar.
Saya malu jadi pelajar Indonesia yang kecewa hanya karena mendapatkan nilai yang kecil di sekolah.
Saya malu jadi pelajar Indonesia yang tidak bisa mendapatkan apa-apa dari proses pembelajaran di sekolah.

Saya benar-benar malu menjadi orang Indonesia yang tidak bisa berbuat apa-apa untuk Indonesia.

2 comments:

  1. Setuju, mari berhenti ngeluh, nyinyir, dan bully, mari berkaryaa..

    ReplyDelete
  2. mantap bung, setuju banhget
    kita selalu saja mengomentari keburukan negeri ini, padahal kita sendiri belum bisa memberikan yang terbaik untuk negeri

    ReplyDelete