Wednesday, October 19, 2016

4 Alasan Utama Pelajar Tidak Masuk Sekolah

Ilustration by omdidien.com
Sebagai seorang pelajar memang ada saatnya kita tidak masuk sekolah. Hal ini merupakan hal yang seharusnya dihindari. Sebab, dengan kita tidak masuk sekolah maka otomatis akan ada pelajaran di sekolah yang kita tinggalkan. Ini merupakan sesuatu yang merugikan, meski kita bisa mempelajari-nya sendiri tanpa harus di sekolah.

Namun, kita harus ingat bahwa tentu ada alasan seseorang pelajar tidak masuk sekolah. Meski sebetulnya alasan-alasan tersebut bisa saja dibuat-buat. Dan berikut uraian tentang Alasan Pelajar Tidak Masuk Sekolah yang biasa diutarakan kepada gurunya.

1.  Sakit

Saya rasa semua pelajar pernah menggunakan alasan yang satu ini ketika tidak masuk sekolah. Meski tidak semuanya jujur, tetap saja alasan ini memang yang utama dan sangat bisa dimaklumi. Seperti yang kita ketahui bahwa sakit memang tidak bisa kita hindari. Namun, setidaknya kita juga harus bisa menjaga kesehatan agar tidak sakit dan bisa menjalankan aktivitas kita sebagai seorang pelajar dengan maksimal.

2.  Acara Keluarga

Alasan ini juga merupakan alasan yang cukup sering digunakan oleh pelajar jika tidak masuk sekolah. Padahal, alasan ini tidak harus dipakai sebab, ada tidaknya kita dalam tersebut tidak berpengaruh terhadap kelangsungan acara-nya. Justru kita seakan membuang-buang waktu kita untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Namun perlu diingat juga bahwa bukan berarti kita melupakan dan mengesampingkan keluarga. Di sini saya  menekankan bahwa tidak semua acara keluarga harus kita hadiri. Kita juga tidak boleh melupakan urusan di sekolah, terutama terkait dengan materi pelajaran.

3. Telat Bangun

Yang selanjutnya adalah telat bangun. Minoritas dari pelajar ketika tidak masuk sekolah beralasan bahwa mereka telat bangun. Biasanya diantara mereka yang telat bangun karena begadang melihat pertandingan sepak bola di televisi, susah tidur, dan sebagainya. Entah mereka benar atau hanya mengarang cerita. Namun yang jelas, alasan ini tidak bisa selalu dimaklumi. Sebab, bisa dikatakan bahwa ini murni kesalahan si pelajar itu sendiri.

4.  Belum Kerjakan Tugas

Alasan lain yang juga cukup sering digunakan seorang pelajar ketika tidak masuk sekolah adalah karena belum mengerjakan tugas. Mereka merasa takut dihukum oleh guru karena lupa mengerjakan tugas dan memilih untuk tidak masuk sekolah. Seharusnya, mereka harus tetap datang ke sekolah dan tidak perlu takut jika diberi hukuman oleh guru. Karena, itu merupakan risiko yang harus ditanggung atas sikap malas-nya itu. Dan dia harus berani bertanggung jawab atas kesalahannya itu.

Itu tadi beberapa alasan yang biasa dipakai seorang pelajar ketika tidak masuk sekolah. Sebenarnya memang masih banyak alasan-alasan lain yang dirasa tidak mungkin untuk dibahas sekaligus. Alasan-alasan di atas hanya merupakan alasan yang cukup sering digunakan.

Semoga artikel di atas bisa memberikan sedikit pengetahuan kepada kalian seputar dinamika dalam dunia pelajar. Terima kasih dan sampai jumpa !

No comments:

Post a Comment