Friday, October 7, 2016

Guru Aniaya Murid, Salah Siapa ?

Ilustrasi
Sudah cukup sering kita mendengar atau menjumpai adanya kasus penganiayaan yang dilakukan oleh guru kepada muridnya, entah dengan memukul, mencubit dan sebagainya. Ada orang yang beranggapan bahwa yang salah adalah si murid yang salah , ada juga yang beranggapan bahwa hal ini disebabkan karena gurunya yang tidak bisa menahan emosi.

Entah siapa yang benar dalam hal ini, namun yang terpenting adalah bagaimana kita harus mencegah agar hal seperti ini tidak terjadi lagi. Sebab, jika hal ini terus terjadi secara terus-menerus maka bukan tidak mungkin akan terus berjatuhan korban, khususnya si murid yang mendapatkan perlakuan seperti itu.

Baiklah, sekarang kita akan langsung mencoba untuk menelaah dan menjawab tanda tanya besar seputar hal ini, yaitu SALAH SIAPA ?

Jika kita mengambil sudut pandang orang yang berpendapat bahwa murid yang salah, memang tindakan yang dilakukan oleh guru ada benarnya. Mungkin para guru mengambil tindakan ini agar si murid yang melakukan kesalahan tidak mengulangi perbuatannya lagi.

Tapi, jika kita mengambil sudut pandang orang yang berpendapat bahwa guru lah yang salah karena tidak bisa menahan amarahnya, ada benarnya juga. Jika guru bisa menahan amarahnya maka kemungkinan untuk adanya tindakan aniaya tersebut akan kecil. Lagi pula, sebenarnya masih ada cara lain yang lebih baik untuk memberikan efek jera kepada murid yang melakukan kesalahan, misalnya dengan nasihat atau memberi hukuman yang mendidik.

Dari uraian di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa tidak ada yang salah dan tidak ada yang benar dalam hal ini. Baik guru atau murid harus sama-sama mencegah hal ini terjadi lagi. Mereka harus menghilangkan ego-nya masing-masing. Sebagai murid kita harus menghormati dan menghargai guru kita dan guru pun harus bisa menahan amarahnya serta harus bijak dalam mengambil setiap keputusan. Dengan seperti itu, saya yakin peristiwa penganiayaan atau semacamnya yang dilakukan guru terhadap murid tidak akan pernah terjadi lagi. Pemerintah juga harus ambil bagian dalam hal ini, terutama dalam hal pemulihan psikis peserta didik yang terlanjur menjadi korban.

Itulah tadi opini saya mengenai peristiwa penganiayaan yang dilakukan oleh guru kepada muridnya yang sering terjadi beberapa waktu lalu. Saya sebagai pelajar selalu mengharapkan agar hal ini tidak terjadi lagi. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa !






1 comment:

  1. SELAMAT ANDA MENDAPATKAN UNDANGAN RESMI DARI SUMOQQ.ORG Kunjungi skrg Live Chat nya u/Info lbh Lanjut,Dan Dapatkan Jutaan Rupiah Dengan Cuma-Cuma BBM : D8ACD825

    ReplyDelete