Sunday, October 2, 2016

Pilih SMA atau SMK ? Gak Usah Bingung, Ini Solusinya !

Memilih adalah sesuatu yang sulit, tak terkecuali bagi seorang pelajar. Salah satunya adalah memilih untuk melanjutkan sekolah ke jenjang SMA atau SMK. Pilihan yang sulit inilah yang dihadapi oleh hampir semua pelajar kelas 9. Hal ini memang sulit, namun sebagai pelajar kita harus punya keputusan akan hal itu karena ini merupakan awal untuk menentukan masa depan kita.

Banyak pelajar yang merasa kebingungan untuk memilih yang mana. Atau yang lebih disayangkan adalah ketika mereka salah dalam memilih dan berhenti di tengah jalan. Oleh karena itu, sekarang saya akan memberikan solusi untuk yang bingung mau lanjutkan ke jenjang SMA atau SMK. Berikut uraiannya :

1.  Sesuaikan dengan Minat, Bakat dan Kemampuan.

Jika kamu memiliki minat dan bakat dalam suatu bidang serta mempunyai keahlian dalam bidang tersebut maka saya sarankan kamu untuk melanjutkan ke SMK. Sebab, di SMK kamu bisa mengasah kemampuan yang kamu miliki dengan lebih mengutamakan praktek dibanding teori, meski ada juga sesi pembelajaran berupa teori tetapi tidak terlalu mendalam. Misalnya kamu memiliki minat, bakat dan kemampuan dalam bidang otomotif, maka dengan kamu masuk ke SMK dan kamu ambil jurusan otomatif kemampuan yang kamu miliki akan terus terasah dan akan membuat kamu lebih menguasai bidang itu.

Tapi jika kamu lebih menguasai suatu mata pelajaran dan lebih menyukai teori dibanding praktek, maka SMA dirasa merupakan pilihan terbaik. Selain itu, di SMA juga ada penjurusan yaitu jurusan IPA yang di dalamnya khusus pembahasan mata pelajaran eksak dan ada juga jurusan IPS yang membahas khusus mata pelajaran non-eksak. Dan nantinya kamu bisa memilih jurusan mana yang sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan yang kamu miliki.

2. Lakukan Survei dan Observasi.

Ketika kita menghadapi pilihan yang sulit, maka bertanya adalah sesuatu yang dianjurkan. Lakukanlah survei kepada orang-orang terdekat di sekitar kita dan minta juga saran kepada mereka. Selain itu, kamu juga bisa melakukan observasi terhadap sekolah-sekolah yang dirasa masuk kriteria yang kamu inginkan.

Walaupun seperti itu, kamu juga harus punya pilihan sendiri dan tidak dianjurkan untuk ikut-ikutan orang lain. Ingat, bahwa kalian menanyakan kepada mereka hanya untuk mengetahui pendapat mereka, bukan untuk ikut-ikutan seperti mereka.

3.  Beribadah dan Berdoa

Bagi umat beragama, beribadah dan berdoa adalah solusi yang sangat tepat ketika dihadapi pilihan yang sulit. Khusus untuk umat muslim, kita dianjurkan untuk melaksanakan salat istikharah dan berdoa kepada Allah SWT dan meminta petunjuk kepadanya agar kita dipilihkan pilihan yang terbaik untuk kita atas sebuah pilihan yang sulit.

4.  Meminta Doa dan Restu Orang Tua

Ketika kita telah mendapatkan pilihan dari tiga tahap yang sudah dijelaskan sebelumnya, maka hal terakhir namun yang paling utama adalah meminta restu orang tua atas pilihan yang sudah kita pilih tersebut. Ingat, restu orang tua adalah yang paling utama. Karena kesuksesan seseorang salah satunya adalah karena doa dan restu dari orang tuanya.

Itulah tadi beberapa solusi untuk kalian yang bingung memilih melanjutkan sekolah ke jenjang SMA atau SMK. Pada hakikatnya, solusi di atas bisa digunakan bukan hanya untuk memilih SMA atau SMK, tetapi juga untuk memilih jenjang sekolah yang lain. Semoga dengan artikel ini tidak akan lagi ada yang salah dalam memilih jenjang sekolah. Terima kasih dan sampai jumpa !

No comments:

Post a Comment