Saturday, April 29, 2017

Keberhasilan TIDAK LEBIH BAIK Dari Kegagalan

Jika dalam hidup anda tidak pernah merasakan kegagalan, ada dua kemungkinan yang membuat anda tidak hebat. Pertama, anda selalu berada dan terbiasa pada jalan yang mulus, sehingga anda tidak akan sanggup menghadapi jalan yang terjal, anda punya kelemahan. Kedua, anda tidak benar-benar hidup.

Semua orang sudah pasti menginginkan agar hidupnya berada pada jalan yang lurus lagi mulus. Tidak bisa dipungkiri, orang yang pernah gagal pun menginginkannya. Akan tetapi, seperti dalam kehidupan yang nyata, kita tidak akan menemui semua jalan merupakan jalan yang lurus lagi mulus. Anda tidak akan bisa dengan begitu mudahnya sampai ke tempat yang dituju.


Selain itu, anda juga tidak akan pernah selalu sendiri dalam jalan tersebut. Anda pasti akan memiliki saingan. Ingat, yang ingin sukses dan berhasil bukan hanya anda, karena manusia bukan anda sendiri. Sifat manusia adalah selalu ingin enak. Ini adalah salah satu keegoisan manusia yang memiliki hawa nafsu. Hawa nafsu tidak akan menyesatkan jika kita mampu mengendalikannya. Karena hawa nafsu tidak akan mungkin mampu dihilangkan.

Keinginan yang kuat, secara otomatis akan menghasilkan usaha yang keras. Bohong jika ada orang yang punya impian yang kuat, tapi dia adalah orang yang malas. Kemungkinan terkuatnya adalah bahwa keinginannya tidak benar-benar kuat. Disamping usaha yang keras, akan menghasilkan peluang untuk berhasil dan gagal yang sama-sama kuat. Ini adalah sesuatu yang berkesinambungan.

Karena kemungkinan diantara keduanya yang akan kita raih itu sama besar, maka tidak akan membuat orang yang gagal itu lebih baik dari orang yang berhasil. Dan karena itu pula yang membuat 'berhasil' bukanlah keberhasilan yang sebenarnya. Karena menurut pandangan saya sendiri, bagi manusia normat meraih kegagalan lebih sulit daripada meraih keberhasilan. Sehingga, berhasil yang sesungguhnya adalah menghadapi dan melewati kegagalan.

Ingat, tidak mendapat kegagalan dan menghindari kegagalan tidaklah sama dengan menghadapi dan melewati kegagalan. Orang yang berusaha menghadapi dan melewati kegagalan, meskipun dia gagal untuk itu, dia lebih berhasil dibanding orang yang meraih keberhasilan karena mencopa menghindari kegagalan atau bahkan tidak mendapat kegagalan sama sekali. Inilah orang yang benar-benar pencundang, karena tidak ingin berhasil tanpa menghadapi dan melewati kegagalan.

Akan tetapi, bukan berarti anda mesti menggagalkan diri sendiri agar bisa mendapatkan gelar orang yang benar-benar berhasil. Karena, dengan begitu anda menjadi orang yang lebih gagal dari orang yang gagal. Berjalanlah pada jalanmu sendiri. entah apa yang terjadi saat kamu berjalan, setidaknya kamu tidak melewati jalan pintas untuk meraih keberhasilan.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment