Wednesday, May 3, 2017

4 Alasan Mengapa Tidak Semua Mata Pelajaran Disukai Para Pelajar


Berbicara mengenai proses belajar mengajar di sekolah, sudah menjadi hal yang lumrah jika kita menemui pelajar yang tidak menyukai suatu mata pelajaran. Padahal, kita tahu bahwa pelajar mesti mempelajari semua mata pelajaran di sekolah demi masa depannya. Dengan disodorkan berbagai mata pelajaran, tidak bisa dipungkiri bahwa tentu tidak semuanya akan disukai. Rasa suka ini ternyata juga menjadi penghalang para pelajar untuk mempelajari semua mata pelajaran. Meski demikian, saya tetap yakin bahwa ada pelajar yang memang menyukai semua mata pelajaran.

Terkait dengan rasa suka atau tidak suka terhadap suatu pelajar, kita juga ternyata mesti membedakannya dengan menguasai atau tidak menguasai. Selain itu, sebenarnya rasa suka atau tidak suka terhadap suatu mata pelajaran juga memiliki pengaruh positif dan negatif tersendiri terhadap seorang pelajar. Namun, pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas itu semua. Yang akan kita bahas kali ini adalah terkait alasan mengapa hal tersebut terjadi.

Dan berikut merupakan 4 Alasan Mengapa Tidak Semua Mata Pelajaran Digemari Para Pelajar.

1.  Hobi atau Kegemaran


Alasan yang paling utama dan alasan paling kuat adalah yang berkaitan dengan hobi dan kegemaran si pelajar. Kebanyakan pelajar tidak menyukai suatu mata pelajaran karena memang tidak ada kaitannya dengan hobi dan kegemaran mereka. Misalkan, pelajar yang memiliki hobi dan bidang literasi, seperti membaca dan menulis puisi tentunya akan sangat senang terhadap pelajaran bahasa, tidak dengan sains. Begitu juga dengan pelajar yang memiliki hobi menggambar dan bernyanyi, tentu amat menyukai pelajaran seni.

Alasan yang satu inilah memang merupakan alasan yang sulit untuk diatasi. Sebab, kaitannya dengan hobi dan kegemaran, para pelajar cenderung keras kepala. Jika memang hal ini dianggap sebagai sebuah masalah, maka yang hanya akan menyelesaikannya hanyalah kesadaran dari si pelajar itu sendiri. Sadar bahwa semuanya tak selalu tentang hobinya.

2.  Impian atau Cita-cita


Alasan kedua dan yang cukup kuat adalah kaitannya dengan impian atau cita-cita pelajar tersebut. Contohnya, seorang pelajar yang memiliki impian atau cita-cita sebagai seorang pengusaha cenderung tidak menyukai mata pelajaran yang berbau sains. Mengapa ? Bisa ditebak alasannya karena memang mata pelajaran berbau sains tidak ada kaitannya dengan seorang pengusaha. Tentu dia lebih menyukai mata pelajaran ekonomi atau sosial.

Sama seperti alasan yang pertama, jika memang ini dianggap sebagai sebuah masalah, maka kuncinya ada pada si pelajar itu sendiri. Mereka harus sadar bahwa semua mata pelajaran akan berguna bagi masa depan kita, entah dalam konteks apapun, tak selamanya berkaitan dengan impian atau cita-cita yang dimiliki.

3.  Guru


Sadar atau tidak, ada kalanya seorang pelajar yang tidak menyukai suatu mata pelajaran dengan alasan yang tidak ada kaitannya sama sekali dengan mata pelajaran itu sendiri. Maksudnya, pelajar yang tidak menyukai suatu mata pelajaran karena tidak menyukai guru materi pelajaran itu sendiri.

Ada banyak hal yang membuat pelajar tidak menyukai guru dan ini menjadi pembahasan lain lagi. Namun, yang paling sering dijumpai adalah guru yang galak dan guru yang memang malas-malasan mengajar di kelas. Apapun alasannya, saya rasa kuncinya ada pada si pelajar dan si guru itu sendiri. Maksudnya, para pelajar harus berani lebih terbuka terhadap guru dan guru juga harus bisa memahami muridnya. Sebab, hal-hal seperti ini juga memberikan pengaruh yang kompleks terkait proses pembelajaran di sekolah. Jangan sampai, karena rasa tidak suka terhadap guru dapat menghambat proses belajar suatu mata pelajaran di sekolah.

4.  Tidak Menyukai karena Tidak Menguasai


Dua hal yang berbeda, namun ternyata pada kenyataannya memiliki keterikatan. Rasa tidak suka terhadap suatu mata pelajaran juga amat sering muncul dalam diri pelajar karena memang mereka tidak menguasai mata pelajaran tersebut. Namun, dalam kasus ini, rasa suka ini bisa dibilang betul-betul masalah yang serius. Sebab, tidak menguasai merupakan tahapan yang memang wajib dilewati para pelajar. Namun, akan menjadi masalah jika kemudian setelah melewati tahap ini justru timbul rasa suka. Mengapa ?

Sebagai seorang pelajar yang memang memiliki tugas utamanya yaitu belajar, seharusnya ketika kita memiliki ketidakmampuan, maka yang harus ditumbuhkan adalah rasa suka. Sebab, rasa suka inilah yang menjadi modal awal untuk belajar dengan giat dan menghilangkan ketidakmampuan itu. Jangan sampai kita tidak menyukai sesuati yang justru seharusnya bisa kita kuasai, bukan hanya sukai.

Tidak bisa dipungkiri bahwa mungkin masih ada alasan lain mengapa tidak semua mata pelajaran disukai oleh pelajar. Apa yang saya sebutkan diatas merupakan alasan yang memang sering diutarakan. Terlepas dari itu, sebagai seorang pelajar sudah seharusnya kita menyukai semua mata pelajaran yang ada di sekolah. Sebab, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa menyukai suatu hal merupakan titik awal untuk menguasainya.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment