Wednesday, May 31, 2017

Membantu Wujudkan Indonesia Sebagai Negara Digital Melalui Blog dan Layanan Hosting

NRUtama, blog, menulis, blogger, ngeblog

Saat ini, berbicara mengenai dunia digital atau lebih awan dengan internet memang bukanlah sesuatu yang asing lagi bagi banyak orang. Sudah banyak orang yang bukan hanya mengenal internet, tetapi juga menjadi bagian dari masyarakat penikmat dari teknologi ini. Tidak hanya itu, euforia penggunaan internet pun bahkan terus berlanjut. Ini bisa dilihat dari semakin meningkatnya pengguna internet dari waktu ke waktu, khususnya di Indonesia.

Perkembangan jumlah pengguna internet sejauh ini juga didukung dengan perkembangan jumlah bentuk inovasi yang memanfaatkan teknologi ini. Sebelumnya kita mungkin selalu mengindentikkan internet hanya dengan berbagai jenis situs website, game online, aplikasi online dan yang berkaitan. Akan tetapi, hasrat yang dimiliki oleh manusia untuk berkreasi memang besar. Inilah yang membuat terciptanya keberagaman bentuk penerapan teknologi yang semakin bervariasi.

Jika sebelumnya internet hanya dianggap sebagai fasilitas atau sarana hiburan semata, kini muncul berbagai produk atau layanan yang inovati dengan menerapkan teknologi internet. Kini, banyak hal dalam kehidupan manusia mulai mengadaptasi teknologi digital berbasis internet, entah dalam hal pendidikan, kesehatan, keuangan dan yang lainnya.

Terciptanya produk atau layanan tersebut bukan tanpa alasan, sebab pada dasarnya banyak orang yang sudah mengamini bahwa adanya teknologi internet memang sangat bermanfaat dalam membantu berbagai pekerjaan manusia. Dengan begitu, secara tidak langsung juga mengisyaratkan kalau akan ada banyak potensi bisnis yang muncul. Meski demikian, banyaknya produk atau layanan tersebut rupanya masih belum bisa dikatakan maksimal, apalagi jika berbicara di Indoneisa.

Banyaknya potensi ekonomi yang dimiliki memang menjadi salah satu alasan utama yang membuat Indonesia semakin menggencarkan kampanye Go Digital di Indonesia. Bahkan, pemerintah pun memiliki perhatian yang khusus terkait hal ini. Dengan banyaknya penduduk memang menjanjikan pasar yang luas. Namun, semua itu akan jadi sia-sia jika tidak didukung dengan pengembangan dan inovasi yang maksimal oleh SDM yang ada. Karena faktanya, jika berbicara mengenai dunia digital, Indonesia bahkan belum bisa disejajarkan dengan Singapura.

Meski demikian, tidak dipungkiri memang bahwa pemerintah dan berbagai pihak mulai menggencarkan kampanye tersebut kepada berbagai pihak agar mimpi Indonesia sebagai negara dengan basis yang besar bisa terwujud. Meski peran SDM sangat krusial, namun kita tidak boleh melupakan komponen lain yang secara langsung maupun tidak langsung membantu mimpi itu terwujud. Sebab, pada dasarnya tidak ada teknologi yang berdiri sendiri. Dengan kata lain, dibalik teknologi yang baik, ada teknologi lain yang menyokongnya.

Banyak yang tidak menyadari bahwa salah satu komponen yang memiliki peranan penting dalam usaha untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara digital adalah blog dan layanan hosting. Banyak yang meremehkan peranan dari layanan hosting ini. Lantas, apa peranan dan seberapa penting peranan dari keduanya dalam upaya menjadi Indonesia sebagai negara digital ? Berikut ulasannya.

Hosting dalam dunia internet atau digital mengacu kepada "wadah" dari situs website. Orang-orang banyak menggunakan layanan hosting untuk menyimpan data-data yang ada dalam situs websitenya agar mudah diakses dengan sambungan internet. Secara fungsi mungkin sekilas cukup sederhana, namun saya akan mencoba menggunakan sudut pandang lain yang kaitaanya dengan perwujudan negara Indonesia sebagai negara digital.

Yang perlu diketahui adalah bahwa meski banyak pengguna internet di Indonesia, tetapi sebagian besar dari mereka hanya sebatas sebagai penikmat dan belum memiliki gairah agar terlibat dalam "dunianya" dan berkarya membuat produk atau layanan sendiri. Alasan utamanya adalah karena kurang keberanian dan rasa percaya diri dengan diri sendiri dan bahkan masih banyak yang masih "berkelahi" dengan modal. Padahal mereka bisa berkontribusi dengan hal kecil, salah satunya dengan memanfaatkan layanan hosting yang ada.

Jika berbicara mengenai hosting, maka salah satu hal yang erat kaitannya adalah situs website, khususnya blog. Sebagai seseorang yang mengaku seorang blogger, saya merasa bahwa kita bisa berkontribusi mewujudkan Indonesia sebagai negara digital dengan hanya menggunakan blog dan tentunya "didampingi" dengan layanan hosting.

Bagi yang belum mengetahui apa itu blog, kalian bisa mencari informasi di sumber lain yang sangat banyak. Akan tetapi, secara implisit, blog yang merupakan akronim dari web blog merupakan salah satu bentuk klasifikasi website yang umunya digunakan karena konsepnya yang sederhana dan biasa diisi oleh konten berupa tulisan, gambar, vidio atau bentuk media lainnya. Mengapa saya lebih menyoroti blog ?


Ada banyak alasan, utamanya adalah karena sisi user friendly-nya dan juga kita tidak perlu memusingkan modal, sebab mengelola blog tidak membutuhkan terlalu banyak isi dompet. Pada dasarnya, semua orang akan dapat mudah mengelola blog. Yang paling krusial adalah bagaimana membuat konten dengan baik dan mendatangkan pengunjung yang banyak. Inilah yang tidak banyak diketahui bahwa kita bisa menghasilkan uang dari pengelolaan blog yang baik.

Sudah banyak cerita sukses mereka yang menjadi seorang blogger, entah dari dalam ataupun luar negeri. Modal yang dibutuhkan kecil, akan dapat mendatangkan profit yang menjanjikan, bahkan sampai miliaran rupiah jika kita mampu mengelolanya dengan baik dan maksimal. Sebab, ada banyak bentuk monetisasi blog, seperti iklan PPC/banner, affiliasi, dan masih banyak lagi. Dengan begini, semua orang memiliki kesempatan yang besar untuk berpartisipasi dalam menjadikan Indonesia negara digital, sekaligus memajukan perekonomian negara berbasis digital.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa modal yang dibutuhkan sangat minim. Yang utama tentu adalah koneksi internet, untuk mendapatkannya semakin bertambah waktu justru semakin murah, bahkan anda bisa memanfaatkan sambungan internet bebas. Kemudian tentu alat, dalam hal ini laptop atau komputer. Tak perlu risau jika tidak memilikinya, anda bisa menyewa di warnet atau menggunakan platform blog yang kompatible di smartphone, meski tidak terlalu optimal.

Jika ingin lebih profesional, kita bisa mengeluarkan uang untuk membeli dan menyewa domain serta hosting. Sebenarnya tidak wajib, karena saya pun tidak melakukannya, namun saya menyarankan untuk membeli dan menyewanya. Jika demikian, maka ada banyak penyedia jasa dan layanan domain dan hosting. Bisa memilih dari luar negeri atau lokal.

Untuk pembelian domain, anda bisa memilih mana yang sekirannya menawarkan harga yang terjangkau, sebab pada dasarnya yang membedakannya hanya harganya. Namun, yang paling krusial adalah memilih penyedia layanan hosting. Sebab kita tidak hanya mementingkan harga, namun yang utama adalah kualitas.

Untuk penyedia layanan hosting, saya pribadi lebih merekomendasikan salah satu layanan berkualitas dengan harga terjangkau, yaitu IDCloudHost. Sebagai layanan Web Hosting Indonesia dan dikenal sebagai Hosting Murah Indonesia, IDCloudHost memang tak hanya cocok untuk mereka blogger profesional, melainkan juga para blogger pemula untuk menjalankan bisnis blognya dan menjadi blogpreneur yang berkontribusi dalam upaya mewujudkan Indonesia sebagai negara digital.

Ini menunjukkan bahwa untuk berkontribusi terhadap negara lewat dunia digital, kita tidak mesti mendirikan usaha besar. Kita bisa mengelola blog dan menghasilkan uang dengan menjalankannya dan mengganggapnya sebagai hobi, sangat mengasyikan. Intinya, apapun yang akan kita lakukan, kita harus berani gagal. Niat dan tekad adalah awal. Usaha dan do'a adalah perjalanan. Komitmen dan konsistensi adalah menahan lelah. Dan berhasil adalah pencapaian. Namun, apapun yang kita raih, jangan berpuas diri, jangan sombong dan tetap melihat dan memotivasi mereka yang berada dibawah dan belum "melangkah".

Terima kasih. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment