Friday, May 19, 2017

Menyelaraskan Teori dan Praktek, Tak Perlu Dibandingkan

NRUtama, ide, rencana, praktek, teori
Ilustrasi
 Latar belakang pembahasan ini adalah mengenai opini atau pandangan banyak orang yang mengatakan bahwa praktek lebih baik daripada teori. Dalam konteks apapun, hal tersebut memang sudah tidak asing lagi kita dengar. Banyak orang yang membandingkan keduanya dan menilai bahwa peranan praktek lebih krusial dibandingkan hanya teori. Benarkah ?

Pada dasarnya, pandangan tersebut bisa menjadi benar, namun bisa juga menjadi salah. Ada beberapa hal yang memang mesti kita pahami. Kita mesti memahami peranan dari teori dan praktek itu sendiri. Tidak bisa dipungkiri bahwa sebenarnya keduanya merupakan dua hal yang berbeda, namun memang tidak bisa dipisahkan. Ini yang harus dipahami.

Kenapa saya katakan berbeda ? Jika teori adalah representasi dari otak dan praktek adalah teori, kita sebenarnya tidak bisa memutuskan mana yang lebih baik dibanding yang lainnya. Karena masing-masing memiliki fungsi dan peranan sendiri dan tidak bisa disamakan. Meski demikian. tidak bisa dipungkiri bahwa keduanya merupakan bagian dari satu ikatan yang sudah seharusnya saling berkoordinasi dan saling mendukung satu sama lain.

Berbicara mengenai teori dan praktek, keduanya memang bisa mencakup berbagai konteks dan aspek kehidupan. Saya merasa bahwa setiap praktek seharusnya merupakan manifestasi dari teori dan teori merupakan pegangan dan pedoman dalam berpraktek. Sayangnya, hal ini tidak selamanya bisa ditemukan. Terkadang memang ada ketidaksinkronan antaran suatu teori dengan praktek. Bahkan mungkin

Saya berikan contoh dalam konteks berbisnis. Karena saya masih seorang pelajar, tentunya saya sebenarnya tidak terlalu paham dengan dunia entrepreneurship. Namun, jangan khawatirkan itu. Saya hanya akan menjelaskan mengenai dunia bisnis dalam konsep teori dan praktek. Saya tidak akan membahas seluk beluk dunia bisnis, karena saya tidak punya kapasitas untuk itu.

Dalam dunia bisnis, sebenarnya memang sudah ada ruang tersendiri untuk mempelajarinya dalam pendidikan tinggi. Ada banyak teori, konsep dan pemahaman yang bisa kita dapat jika memang kita mengambil fokus pendidikan disana. Baik di dalam negeri atau di luar negeri, ilmu dan pendidikan tentang bisnis memang memiliki begitu banyak penggemar. Tak hanya dalam jalur pendidikan tinggi, teori berbisnis pun terkadang dibagikan oleh mereka yang memang berpengalaman kepada mereka yang tertarik dunia bisnis lewat seminar, buku, bahkan lewat media digital seperti artikel, vidio, e-book, podcast dan media penyebaran informasi lainnya.

Dari apa yang saya sampaikan diatas terlihat bahwa teori memang menjadi kebutuhan dasar sebelum menjalani sesuatu, selain semangat, niat, tekad dan lain sebagainya. Dalam dunia bisnis yang saya contohkan, pendidikan, ilmu atau teori pun menjadi salah satu hal yang cukup penting. Misalnya dalam bidang manajemen, banyak tokoh beserta teori yang menjelaskan tentang bagaimana cara mengatur perusahaan yang baik, bagaimana cara menghadapi perusahaan yang krisis finansial, bagaimana mengatur karyawan dan masih banyak lagi. Sekali lagi terlihat bahwa teori bukanlah sesuatu yang tidak penting.

Disamping teori, ilmu atau pemahaman yang penting, disinilah peran praktek dibutuhkan. Sebaik apapun sebuah teori dan sepandai apapun kita memahami sebuah teori, termasuk dalam konteks berbisnis, semua akan sia-sia jika tidak terdapat praktek. Jika teori bisa kita jadikan sebagai sebuah pegangan dan pedoman, tidak akan berguna jika tidak ada tindakan, apalagi dalam dunia usaha. Dimana, ajang yang sebenarnya adalah di dunia nyata. Dengan kata lain, di dunia bisnis yang akan atau sedang kita jalani. Disaat itulah kita bisa menerapkan ilmu yang sudah kita dapatkan dibangku pendidikan.

Jika kita sudah paham dengan teori yang menjelaskan bagaimana cara menghadapi perusahaan yang sedang dalam krisis finansial, kita akan menerapkan ilmu tersebut jika suatu saat kita memiliki perusahaan dan perusahaan tersebut mengalami krisis finansial. Disinilah bisa dilihat peranan penting dari teori yang sudah kita pelajari.

Hal tersebut pula yang saya rasa harus dipahami para pelajar. Jika kita mempelajari sesuatu dan kemudian mencari nilai akademik yang besar, apalagi jika ada kaitannya dengan dunia kerja yang kita impikan, memang merupakan sesuatu yang penting. Akan tetapi, jangan sia-siakan waktu, tenaga, pikiran dan bahkan anggaran yang kita keluarkan untuk belajar hanya karena kita tidak bisa maksimal dalam mengimplementasikan ilmu yang sudah kita punya dalam praktek yang nyata. Ini memperlihatkan bahwa praktek yang kita lakukan merupakan indikator dari seberapa baik kita dalam memahami sebuah teori.

Baik teori maupun praktek memiliki peranan masing-masing dan tentunya sama-sama krusial. Maka, tidak ada gunanya jika kita mencari mana yang lebih baik. Terkadang kita lupa bahwa dibanding mencari mana yang terbaik diantara keduanya, kita mengabaikan bahwa akan menjadi sesuatu yang luar biasa jika kita menyelaraskan keduanya.

Mencari ilmu dan memahami teori sebaik-baiknya, kemudian dibarengi dengan praktek yang maksimal, akan menghasilkan sesuatu yang lebih baik dibandingkan hanya mengandalkan satu diantara keduanya. Saya merasa bahwa kita semestinya tidak memprioritaskan satu diantara yang lainnya.

Jika kita hanya mencari ilmu dan memahami teori tanpa adanya praktek, akan ada banyak hal yang terbuang sia-sia. Saya rasa tidak akan ada kegagalan apalagi keberhasilan yang didapat. Dan nilai anda lebih buruk dibanding mereka yang mengalami kegagalan. Karena setidaknya mereka pernah melakukan tindakan.

Begitu juga mereka yang hanya mengandalkan praktek. Saya merasa bahwa dalam bertindak, kita membutuhkan panduang, pedoman dan juga pegangan. Ini sesuatu yang hampir sama dengan teori. Sebelum kita bertindak, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa tindakan kita, bagaimana kita bertindak, apa konsekuensi yang kemungkinan kita dapatkan dan lain sebagainya. Sebab, salah satu penyebab terbesar seseorang mengalami kegagalan dalam bertindak adalah karena mereka bahkan mereka tidak mengerti semua hal tentang apa yang mereka lakukan.

Dari pembahasan diatas terlihat bahwa baik teori maupun praktek merupakan sesuatu yang tdak bisa dibanding dan sudah semestinya kita tidak membandingkan keduanya. Tidak ada yang lebih baik dan lebih buruk diantara keduanya. Yang ada adalah akan jauh lebih baik jika kita menyelaraskan keduanya.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment